(KSPPS) BMT Al Amanah tahun ini berhasil mengakses pembiayaan Ultra Mikro (UMi) dari Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kementerian Keuangan RI

Salah satu koperasi di Sinjai, Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT Al Amanah tahun ini berhasil mengakses pembiayaan Ultra Mikro (UMi) dari Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kementerian Keuangan RI.

KSPPS BMT Al Amanah Sinjai, merupakan koperasi kedua di Sulawesi Selatan yang berhasil mengakses pembiayaan tersebut, setelah KSPPS Bakti Huria yang beralamat di Makassar.

Penandatanganan akad pembiayaan, dilaksanakan dikantor Kementerian Keuangan di Jakarta, 27 Juni 2022 dimana dalam penandatangan tersebut pihak KSPPS BMT Al Amanah diwakili oleh ketuanya, Syamsu Rijal yang didampingi oleh sekretaris, bendahara dan manager koperasi.

” Ini hal yang membanggakan, karena dari beberapa koperasi yang mengajukan permohonan di Sulawesi Selatan selama ini , KSPPS BMT Al Amanah menjadi koperasi kedua yang menerima, tapi dalam 2 tahun terahir, kita menjadi satu satunya. Kita berharap hal ini bisa membantu para pelaku usaha di Sinjai yang memerlukan bantuan permodalan dengan jasa/bagi hasil yang terjangkau.” tutur Darwis, Fungsional Pengawas Koperasi di Diskopnaker Sinjai .

Salah satu syarat koperasi yang bisa mengakses pembiayaan ini, adalah telah menerapkan modernisasi dan juga digitalisasi di koperasinya. KSPPS BMT Al Amanah sendiri, dalam pencatatan keuangannya telah menggunakan aplikasi, dan tamu yang berkunjung di koperasi tersebut, bisa mengisi buku tamu hanya dengan menscan barcode yang ditempel di ruang tunggu.

Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) , merupakan program Kementerian Keuangan RI yang diperuntukkan untuk membantu permodalan bagi para pelaku usaha yang juga disalurkan melalui koperasi. Penyalurannya dilakukan melalui transaksi non tunai, dengan menggunakan salah satu aplikasi layanan uang elektronik yang mudah dan praktis.

Sosialisasi Program ini sendiri di Sinjai, dilaksanakan Tahun 2021 lalu di Warkop Carita yang di ikuti oleh puluhan pengurus koperasi yang ada di Sinjai, dan disaksikan langsung oleh Plt Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja saat itu, Andi Ilham Ab

Bagi para pelaku usaha yang ingin mengakses pembiayaan UMi di Sinjai, bisa bergabung menjadi anggota KSPPS BMT Al Amanah, dengan datang di kantornya yang beralamat di Jl Bhayangkara Sinjai, depan Hutan Kota Demma

Tentang admin

Lihat Juga

Prestasi Gemilang Pemerintah Kabupaten Sinjai: Juara 2 Stand Bazar dan Expo UMKM, serta Juara 1 Lomba Paduan Suara Mars Koperasi di Hari Koperasi Nasional

Bone, 02 Desember 2023 – Pada perhelatan Hari Koperasi Nasional di Kabupaten Bone, Pemerintah Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *