Gula Semut Sinjai

Sahabat #diskopukmnaker sering mendengar kata gula semut? Gula semut adalah gula merah versi bubuk,sering pula disebut gula kristal. Dinamakan gula semut karena bentuk gula ini mirip rumah semut yang bersarang di tanah. Bahan dasar untuk membuat gula semut adalah nira dari pohon kelapa atau pohon aren (enau).

Biasanya, masyarakat menggunakan dua jenis gula sebagai pemanis masakan yaitu gula pasir dan gula aren. Meski fungsinya sama, namun kandungan dan rasa kedua gula ini sedikit berbeda. Gula aren memiliki kandungan kalori yang lebih sedikit.

Menurut beberapa hasil penelitian, gula aren jauh lebih sehat dibandingkan gula pasir karena kandungan kalori pada gula aren jauh lebih sedikit. Selain itu, gula aren memiliki kandungan penting seperti vitamin C, vitamin B1, asam folat, hingga zat besi yang dibutuhkan tubuh.

Oleh karena itu, mengonsumsi gula aren secara rutin dan teratur dapat menjaga daya tahan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit, misalnya meredakan stres(gula aren bisa merangsang hormon bahagia dan meredakan ketegangan otak), mengatasi darah rendah, meredakan nyeri haid dan lain lain.

Di Sinjai, kita sudah bisa menjumpai berbagai produk gula semut yang diproduksi oleh para pelaku UMKM dengan harga yang terjangkau.

Sahabat #diskopukmnaker bisa melihat dan membeli produknya di Galeri Koperasi Ukm Jl. Andi Mandasini No 1 , di samping Hotel Sinjai.

Tentang admin

Lihat Juga

Prestasi Gemilang Pemerintah Kabupaten Sinjai: Juara 2 Stand Bazar dan Expo UMKM, serta Juara 1 Lomba Paduan Suara Mars Koperasi di Hari Koperasi Nasional

Bone, 02 Desember 2023 – Pada perhelatan Hari Koperasi Nasional di Kabupaten Bone, Pemerintah Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *