Luar Biasa, KUD Mina Lappa Masukkan PAD ke Pemda dari SHU Ratusan Juta

Ketua KUD Mina Lappa, Safri Sehu saat menyerahkan secara simbolis dana pendidikan ke Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Sinjai, yang diwakili oleh Kabid Koperasi Diskopnaker Sinjai. (ist)

Sinjai, Pedulibangsa.co — Koperasi Unit Desa (KUD) Mina Lappa dan Tempat Pelayanan Simpan Pinjam (TPSP) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun 2020 di Balai Pertemuan Perikanan Kompleks PPI Lappa Sinjai, Sabtu (23/1/2021).

Ketua KUD Mina Lappa Sinjai, Safri Sehu menyampaikan bahwa RAT 2020 digelar untuk memenuhi Undang-Undang nomor 25 tahun 1992 tentang Pokok-Pokok Perkoperasian, yang mana dilaksanakan setelah tutup buku tanggal 31 Desember 2020 sebagai laporan pertanggungjawaban.

“Alhamdulillah melalui RAT ini, KUD Mina Lappa yang memiliki anggota secara administrasi sebanyak 1.947 orang, dapat mencapai Sisa Hasil Usaha (SHU) sebesar Rp.110 juta atau lebih 100 persen. Mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya Rp.62 juta,” ucapnya.

Safri juga menjelaskan, peningkatan SHU yang diperoleh Mina Lappa berasal dari kegiatan usaha di sektor BBM dengan adanya SPBUN, unit usaha simpan pinjam, dan bidang usaha perikanan tangkap, termasuk akan mengupayakan distributor pupuk untuk pertanian dan perikanan di 2021.

“Untuk SHU ini, sesuai UU Perkoperasian telah kita bagi pemanfaatannya, termasuk untuk operasional pengurus dan pengawas, dana pendidikan ke Dekopin, dan satu-satunya KUD di Kabupaten Sinjai yang memasukkan PAD ke Pemda sebesar Rp.54 juta. Insya Allah di 2021 ini, meski di tengah pandemi Covid-19, kita optimis mencapai SHU lebih baik dengan terus meningkatkan kinerja,” tutupnya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Sinjai melalui Kepala Bidang Koperasi Nursyam Tahir, mengapresiasi kinerja KUD Mina Lappa yang telah berhasil mengembangkan usahanya dengan SHU cukup besar dari tahun ke tahun.

“Kami sangat mengapresiasi, karena selain capaian SHU yang meningkat, juga satu-satunya KUD yang memberikan PAD kepada Pemda Sinjai dan menjadi KUD pertama yang menggelar RAT dari 13 KUD di Kabupaten Sinjai,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Nursyam berharap, kedepan KUD Mina Lappa untuk lebih mampu berperan aktif dalam mendorong dan membantu masyarakat, terutama dalam upaya pengembangan berbagai usaha mikro.

Dalam acara ini tampak turut dihadiri Ketua Pengawas Koperasi Mina Lappa A. Awaluddin, Penyuluh Koperasi Diskopnaker Hariani Alwi, dan perwakilan Dekopin Sinjai. (red)

Tentang admin

Lihat Juga

Prestasi Gemilang Pemerintah Kabupaten Sinjai: Juara 2 Stand Bazar dan Expo UMKM, serta Juara 1 Lomba Paduan Suara Mars Koperasi di Hari Koperasi Nasional

Bone, 02 Desember 2023 – Pada perhelatan Hari Koperasi Nasional di Kabupaten Bone, Pemerintah Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *